liburan

13 Tips Liburan Nyaman Kantong Aman

 13 Tips Liburan Nyaman Kantong Aman- Menjalani aktivitas berat di kantor, tempat kerja, kampus atau sekolah membuat pikiran dan fisik merasa lelah. Tugas dari atasan yang terus berdatangan silih berganti, tugas dari dosen yang menumpuk di kamar, hapalan rumus-rumus untuk mengikuti ujian pasti membuat pikiran kusut dan tubuh kurang bersemangat. Hari-hari yang di lalui dengan siklus yang sama terus menerus membuatmu jenuh. Saat mengerjakan tugas pun kurang konsentrasi hingga mengakibatkan munculnya masalah baru.

Sering terbesit dibenak diri, saat pekerjaan membuat jenuh. Ingin rasanya mengistirahatkan diri dengan pergi ke suatu tempat. Misalnya ke luar kota, pedesaan, pegunungan, pantai atau sekedar menikmati pemandangan hijau. Menurut psikologi melihat tanaman hijau, birunya laut dan langit dapat menyegarkan otak. Keinginan untuk berlibur sudah ada di niatkan. Sayangnya, keuangan tidak mendukung. Sebagian orang mungkin memiliki hobi traveling mereka sudah menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk pergi berlibur. Bagaimana dengan keuangan yang tidak mendukung? Kamu mengunjungi artikel yang tepat. Di sini penulis akan membahas tips liburan dengan dana minim

13 Tips Liburan Nyaman Kantong Aman

1. Lakukan Riset

Sebelum menentukan tempat yang akan di pilih sebagai tempat berlibur, lakukanlah riset terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Searching di google mengenai tempat wisata murah rekomendasi dari para travelling. Kamu akan menemukan beberapa blog-blog yang memberikan pengalaman perjalanan mereka. Kamu bisa memilih beberapa tempat yang kamu sukai. Atau kamu bisa meminta pengalaman dari teman atau sahabatmu yang sudah melakukan liburan murah. Melalukan riset sebelum berlibur akan membuatmu memiliki persiapan. Misalnya kamu ingin berlibur ke Lombok, tidak mungkin kamu membawa uang dua juta saja, bukan? Maka lakukanlah riset terlebih dahalu agar tau berapa biaya yang harus dipersiapkan

2. Low Season

Saat ingin membuat planning berlibur, pilihlah waktu yang tepat. Jangan memilih waktu pada saat high season. Sudah pasti harga pesawat dan harga hotel tidak menghemat uangmu. Hindari pergi berlibur di hari libur nasional seperi Hari Natal, Tahun Baru, Idul Adha, Idul Fitri atau liburan sekolah. Pilihlah hari-hari biasa dimana orang-orang tidak sedang pergi berlibur.

3. Rinci Pembiayaan

Dalam artikel sebelumnya, penulis sudah menjelaskan tips tentang mengatur keuangan. Salah satu poinnya adalah menulis daftar pengeluaran. Saat hendak melakukan perjalanan, rincilah biaya pokok terlebih dahulu. pastikan dana tiket pulang-pergi, makan, transportasi dan penginapan sudah masuk dalam list pokokmu. Lebihkan sedikit danamu untuk berjaga-jaga. Dengan merinci pembiayaan, kamu dapat berjaga-jaga jika kemungkinan ingin membeli barang yang kamu sukai.

4. Hotel Murah

Zaman sekarang sudah canggih. Kamu bisa mencari tahu harga-harga hotel melalui aplikasi di androidmu. Memang menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu pengeluaranmu akan semakin membengkak. Pilihlah penginapan yang menawarkan harga miring sesuai kantong. Tak perlu penginapan yang mahal, yang penting nyaman untuk di tiduri. Kamu bisa coba membuka situs-situs yang menawarkan harga-harga hotel yang murah. Bila kamu memiliki teman yang tinggal di tempat yang kamu tuju, kamu bisa memintanya untuk tinggal beberapa hari di rumah atau kosnya.

5. Hindari Membeli Souvenir

Pergi berlibur tanpa membawa ole-ole tidak akan akan lengkap. Ole-ole khas dari daerah yang kamu kunjungi menjadi tanda bahwa kamu pernah ke daerah tersebut. Para penjual Souvenir biasanya mematok harga yang mahal untuk para tourist atau wisatawan. Tahan keinginan kamu untuk membeli souvenir agar pembiayaanmu bisa teratur. Atau sebelum kamu pergi, persiapkan dana yang seadanya untuk membeli beberapa Souvenir.

6. Ajak Teman

Berlibur dengan teman memang mengasyikkan. Kamu akan melalukan liburan bersama dengan menghemat dana. Kenapa bisa seperti itu? Dalam memesan penginapan, kamu bisa membayarnya dengan patungan. Kamu bisa mendapatkan paket wisata rombongan. Untuk kamu yang ingin pergi berlibur sendirian, mungkin cara ini tidak cocok. Tetapi manfaat dari cara ini adlah kamu akan menciptakan hubungan baik dengan temanmu.

Baca Juga: belajar cara sukses merintis usaha di usia muda

7. Tiket Promo

Sekarang sudah ada aplikasi atau situs yang bisa mencari tahu harga tiket. Kamu bisa mencari tiket promo. Hanya saja tiket promo ada di saat terttentu saja. Terkadang kita tidak menyadari ada maskapai yang sedang menjual harga tiket pesawat dengan promo. Jika kamu ingin melakukan liburan, kamu harus rajin membuka situs memesan tiket online secara berkala. Sampai kamu menemukan harga tiket yang sesuai dengan kantongmu.

8. Jalur Darat

Sebagian kamu mungkin bisa mencoba perjalanan jalur darat. Memang memakan waktu yang lebih lama (jika tempat tujuanmu jauh dari tempat tinggal). Namun, kamu akan menikmati pemandangan yang kamu lalui dari jalur darat. Penulis pernah pergi ke Padang menggunakan jalur darat. Pemandangan yang di suguhkan sungguh indah. Penulis melihat air terjun, pohon-pohon tinggi, bukit-bukit berbaris. Kamu tidak akan menemukan memandangan ini jika menggunakan jalur udara. Tentu saja memilih jalir darat biaya ongkos lebih murah. Dengan menggunakan bus jalur darat, kamu bisa beristirahat lebih lama sebelum liburan.

9. Kendaraan Umum

Di antara kamu mungkin mengira menggunakan kendaraan pribadi akan menghemat pengeluaran biaya liburanmu. Ternyata itu salah! Bagaimana jika kendaraanmu mengalami kerusakkan? Kamu akan mengeluarkan biaya bukan? Menggunakan kendaraan umum akan membuatmu leluasa untuk berpindah tempat wisata.

10. Makan Murah dan Enak

Makan adalah kebutuhan pokok setiap makhluk. Makan akan membuat stamina kita lebih meningkat. Dalam berliburan, tentu kamu sudah menyediakan biaya makanmu. Hindari makan di restoran yang menawarkan makanan enak tapi mahal. Cobalah cicipi makanan kaki lima yang murah juga enak. Tidak perlu lihat kemewahannya, tetapi nikmati makanan tradisional sekaligus murah.

11. Pilih Tempat Wisata Baru

Tempat wisata baru biasanya menawarkan harga yang murah. Saat tempat wisata atau wahana yang baru dibuka biasanya menawarkan harga promo bagi pengunjung. Itu salah satu cara pemilik tempat wisata untuk mengait pengunjung. Berbeda dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Mereka akan mematok harga sangat mahal. Dan tentunya, tempat wisata baru akan membuat pengalaman liburanmu lebih bermakna. Kamu bisa membagikan pengalamanmu dan merekomendasikannya ke teman-temanmu.

12. Perjalanan Malam

Kenapa penulis menuliskan poin ini? Ini salah satu cara menghemat pembiayaan. Dengan melakukan perjalanan malam, kamu akan tidur dikendaraan transportasi. Sudah pasti kamu bisa menghemat pembiayaan dalam liburanmu

13. Bawa Botol Minum Sendiri

Salah satu dari kamu mungkin melakukan perjalanan backpacker. Biasaya bagi seorang backpacker akan memerlukan air untuk menambah tenaga. Membawa botol air minum akan menghemat pembiayaanmu. Kamu tidak akan membeli air di warung untuk menuntaskan kehausan dahaga.

Memang liburan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap kaum remaja, dewasa maupun pasangan suami istri. Berlibur di tempat yang indah akan membuat dirimu menjadi rileks. Jauh dari keramaian dan segala tugas-tugas. Dari tips di atas, kamu bisa menerapkannya dalam memulai liburanmu. Pada intinya, untuk berlibur haruslah memiliki rencana yang matang agar saat berlibur tidak terjadi kegagalan. Tentu kamu ingin merasakan liburan yang nyaman tapi kantong tetap aman bukan? Selamat mencoba.

Demikian Artikel kali ini yang bisa nuhudhy.com bagikan, semoga bermanfaat.

About the Author: khavidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *