8 Skill Yang Harus Dimiliki Kaum Milenial Masa Kini

Kaum milenial identik dengan kekinian, high lifestyle, teknologi dan media sosial. Menjadi kaum muda yang berpotensi tentu menjadi keinginan bagi setiap kaum muda bukan? Untuk memiliki potensi, tentu kaum muda harus memiliki skill yang matang agar mudah bersaing dalam persaingan kerja. Tingkat persaingan kerja saat ini begitu ketat. Bahkan lulusan sarjana belum tentu mendapat pekerjaan setelah wisuda. Pasrah dengan apa yang terjadi bukanlah pilihan yang tepat untuk ke depannya. Tentu kaum muda harus berpikir bagaimana cara untuk memiliki kemampuan (skill), talenta dan potensi.

8 Skill Yang Harus Dimiliki Kaum Milenial Masa Kini

Menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi sering menjadi pilihan kaum muda untuk membekali diri sebagai standar mencari pekerjaan atau mempertajam skill yang dimilikinya. Ada beberapa kaum muda yang hanya mengandalkan Ijazah sarjananya demi mendapatkan gaji yang banyak tetapi tidak mengasah skill yang sudah di milikinya. Jika hanya mengandalkan nilai di ijazah, tentu kaum muda akan kalah.

Belum tentu mahasiswa dengan IPK tertinggi bisa mendapatkan pekerjaan. Lain halnya bila kaum muda memiliki skill, peluang pekerjaan akan memudahkan kaum muda mencari pekerjaan. Skill bisa jadi modal utama kaum muda untuk melanjutkan perjalanan karir dengan baik. Sehingga kaum muda memiliki daya saing yang tinggi yang tak kalah dari orang lain. Di antara kaum muda mungkin merasa belum memiliki skill yang akan di kembangkan. Merasa bingung dengan apa yang bisa di kembangkan oleh diri. Untuk itu penulis memberikan beberapa contoh kemampuan yang harus di miliki kaum milenial masa kini

1. Belajar Bahasa Asing

Dunia pekerjaan sekarang ini dituntut untuk bisa berbahasa saing. Salah satunya adalah bahasa inggris. Apalagi perusahaan yang kita naungi bekerja sama dengan perusahaan luar. Apalagi sekarang perusahaan asing sudah menjamur di Negara kita. Tidak hanya itu, dengan mempelajari bahasa asing, kamu bisa membuka peluang kerja keluar negeri. Memiliki kemampuan menguasai bahasa asing akan menjadi modal untukmu mencari pekerjaan.

2. Mencari Pengalaman

Semakin banyak pengalaman yang kamu dapat, semakin kamu belajar dari kesalahan. Pengalaman adalah proses belajar yang tanpa disadari menjadi pengaruh pada diri. Kaum muda mungkin memiliki rencana untuk menjalani karir di masa depan. Memiliki rencana ke dpean sudah menjadi kebiasaan bagi kaum muda dan sekaligus menjadi upaya mencari jati dirinya. Untuk mulai memasuki dunia pekerjaan, kamu harus memiliki pengalaman dalam bekerja. Pertama, kamu harus membiasakan diri bekerja dibawah tekanan. Kedua, harus memiliki rasa kerjasama dengan kelompok. Ketiga, harus mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Semua itu kamu dapat dengan pengalaman. Bagaimana caranya? Saat ingin melamar ke sebuah perusahaan, sebaiknya kamu tidak melihat berapa gaji yang ditawarkan, tetapi ambillah pengalaman dari pekerjaan tersebut.

3. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Menjadi orang yang berpikir kreatif dan inovatif tidak hanya bermanfaat ketika menciptakan karya saja. Namun bermanfaat untuk menyelesaikan masalah. Semakin hari, kamu akan dihadapi dengan tantangan atau masalah yang berbeda level. Dalam menyelesaikan masalah, terkadang kamu meminta solusi dari keluarga, teman atau orang terdekatmu. Belum tentu juga solusi yang mereka berikan dapat menyelesaikan masalahmu. Dengan memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Kamu akan diarahkan untuk melihat suatu masalah dengan berbagai sudut pandang dan cara penyelesaian yang bervariasi. Bagaimana cara agar kamu bisa memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif? Pertama, temukan hal yang dapat memotovasimu untuk menjadi kreatif dengan membaca jurnal, buku atau kalimat motivasi. Kedua, ubahlah pandanganmu bahwa kreatif hanya dimiliki seorang seniman. Ketiga, jangan menjadi orang monoton. Lakukan kegiatan yang meningkatkan rasa kreatifitas.

4. Berbisnis

Sekarang banyak kaum muda yang berlomba-lomba mengejar profesi PNS untuk menjamin hidup masa depan. Padahal ada profesi yang lebih keren dari sekedar pegawai negeri. Yaitu pengusaha atau wirausaha. Memiliki kemampuan wirausaha dan pandai berbisnis menjual produk ke masyarakat adalah cara wirausaha mengembangkan diri. Mengapa wirausaha menjadi profesi yang keren? Alasannya adalah setiap orang pasti membutuhkan barang atau jasa dan kamu bisa menjadi bos untuk dirimu sendiri, kamu dapat mengatur waktu sendiri, kamu tidak akan bekerja dibawah tekanan oranglain. Sebagian kaum muda beranggapan menjadi wirausaha akan merugi atau membutuhkan modal besar. Ungkapan seperti itu hanya ada dipikiran orang-orang yang takut memulai sesuatu.

5. Melek Internet

Kemampuan memanfaatkan internet juga dapat menjadi modal di masa depan. Mengingat masa kini masyarakat selalu mengkonsumsi internet. Salah satu cara memanfaatkan internet adalah memulai bisnis online. Kamu menjual barang-barang dengan harga murah sudah pasti banyak peminat yang ingin membelinya. Atau kamu bisa membuka akun blog untuk berbagi beberapa tulisan yang bisa dimanfaatkan orang lain. tentu apa yang kamu t uliskan akan menghasilkan uang.

6. Menggunakan Microsoft Office

Komputer menjadi teknologi yang digunakan disegala bidang pekerjaan. Kemana saja kamu melamar ke sebuah perusahaan atau instansi, pasti akan ditanyakan seberapa banyak kamu menguasai Microsoft Office? Microsoft Office yang umum di gunakan adalah Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point. Saat kamu ingin menghitung pengeluaran dan pemasukkan yang jumlahnya besar, tentu cara yang manual akan memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan Microsoft excel kamu akan menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat.

7. Menulis

Ada banyak alasan yang mengharuskan kamu memiliki kemampuan menulis. Dari sisi kesehatan, menulis menulis akan mengurangi stress karena menulis adalah media ekspresi. Dari sisi pendidikan, menulis akan menambah wawasanmu dan membiasakan diri membaca dari sumber-sumber referensi yang mendukung tulisanmu dan melibatkan proses berpikir. Dari sisi sosial, menulis menjadi media komunikasi yang baik. Tentu saja kamu akan menjadi orang yang sosialis. Tentu dengan menulis kamu akan mendapat uang dari hasil tulisanmu.

8. Mengelola Uang

Memiliki penghasilan besar namun tidak pandai dalam mengelolanya? Banyak kaum muda yang mengalami seperti itu. Kaum muda membuang uangnya untuk suatu hal yang sia-sia. Siklus yang terjadi bagi kaum muda adalah banyak uang di awal bulan dan diakhir uang tidak berbekas. Tidak perlu untuk kuliah di jurusan akuntansi atau management keuangan hanya untuk mengatur keuangan. Pada artikel sebelumnya, penulis juga sudah memberikan tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuanganmu. Ingat money is not everything, but almost everything needs money. Segala hal tidak harus dengan uang, tetapi hampir segalanya membutuhkan uang. Jadi kelolalah keuanganmu dengan baik dan teratur.

Zaman sekarang memang sudah canggih, tetapi kaum milenial masih ada saja yang belum bisa memanfaatkan teknologi dengan bijak. Teknologi yang dikenal hanya sekedar media sosial untuk ajang memamerkan, berceloteh tidak penting atau hanya untuk iseng-iseng semata. Padahal, dari media sosial bisa menghasilkan uang. Jika kamu pandai dalam bermain sosial media, kamu bisa ambil pekerjaan di bidang costumer service.
Memiliki Skill tentu akan mendorongmu maju dalam bersaing dalam dunia karir. Sekarang ini, nilai ijazah hanya sekedar formalitas. Orang-orang akan menilai skill yang kamu miliki sebelum menerimamu dalam perusahaan mereka. Sebelum melamar pekerjaan, pastikan kamu memiliki kemampuan yang telah penulis tuliskan. Semoga kamu dapat menemukan kemampuanmu. Salam sukses!

Tinggalkan komentar