Memilih Pakaian Muslim Sesuai Syariat Islam

Memilih pakaian sesuai syariat islam-Bagi setiap muslim dan muslimah tentu fashion menjadi life style di era modern sekarang ini. Dapat kaum muda lihat, perkembangan dunia fashion muslim sudah mulai berkembang dengan berbagai macam design yang lebih modern, modis dan fashionable. Walaupun begitu, fashion yang berkembang masih tetap memegang teguh kesopanan dan tidak melanggar ajaran islam.

Memilih Pakaian Muslim Sesuai Syariat Islam

Tentu fashion yang diharuskan dalam islam adalah wajib menutup aurat yang sudah ditentukan untuk laki-laki dan perempuan. Hal yang paling penting untuk kaum hawa adalah menutup aurat dengan hijab. Allah SWT telah berfirman:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur :31)
Lalu Allah berfiman:

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnyake seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Sebagai muslim dan muslimah, menutup aurat adalah hal yang diwajibkan bagi setiap kaum beragama islam. Sering menjadi permasalahan setiap kaum muda untuk memilih pakaian yang cocok bagi muslim dan muslimah. Dulu Fashion untuk muslim dan muslimah sangat susah untuk dijumpai. Fashion yang di tawarkan terkesan biasa saja dan norak. Tentu minat untuk berpakaian menutup aurat sangatlah minim dikalangan kaum muda. Sekarang, fashion muslim sudah mulai berkembang.

Kaum muda bisa menemukan beberapa selebgram yang menjadi brand ambassador dari suatu brand terkenal. Selebgram yang bisa menjadi rekomendasi untukmu yaitu Dian Pelangi, Zaskia Sungkar atau Oki Setiana Dewi. Mereka menunjukkan fashion style muslim yang modis dan fashionable. Ada beberapa hal penting yang harus kaum muda perhatikan saat memilih pakaian muslim yaitu:

1. Sesuai dengan syari’at

Seperti yang sudah penulis jelaskan, menjaga aurat bagi setiap muslim dan muslimah adalah kewajiban. Bagaimana sih caranya agar menjaga aurat? Pertama, pakaian yang kamu kenakan harus menutupi seluruh badan, tidak transparan, dan tidak terlalu ketat. Pakaian ketak akan membuat lekukan tubuhmu terlihat.

2. Sesuaikan dengan ukuran

Sekarang ini, banyak kaum muda maupun orang dewasa memilih pakaian ketat untuk terlihat fashionable dan modis. Bahkan mereka yang berhijab pun ikut-ikutan memilih style tersebut. Padahal, dalam ajaran islam memakai pakaian ketat itu tidak diperbolehkan. Seharusnya, sebagai kaum muda yang muslim lagi muslimah harus memilih pakaian yang longgar sedikit dari ukuran tubuh.

3. Sesuaikan dengan kondisi

Sering terjadi bagi kaum muslimah yang sulit menyesuaikan pakaian yang dipakai saat acara tertentu. Misalnya saat di pantai sangat tidak cocok memakai gamis yang super lebar. Kaum muda bisa menggunakan blues dan blazer atau jumpsuit.

4. Memilih bahan yang nyaman

Untuk tampil modis tidak hanya melihat modelnya saja. Pilihlah pakaian dengan bahan yang nyaman dan warna yang sesuai. Negara kita memiliki iklim tropis, pilihlah bahan yang tidak terlalu panas saat dipakai. Cuaca yang panas akan membuat keringatmu keluar dan mengakibatkan bau badan

5. Warna lembut

Bagi kaum adam, dalam memilih pakaian memang sulit ya sepertinya. Apalagi dalam memilih warna. Warna umum yang sering dipilih kaum adam adalah hitam, putuh atau cokelat muda. Pilihlah warna yang lembut seperti earth-tone. Warna tersebut akan terlihat maskulin pada kaum muda yang memakainya.

6. Hindari Jeans

Ada kesalahan bagi kaum adam dalam mengkombinasikan pakaian. Sebagian kaum adam pasti pernah memadukan pakaian muslim dengan celana jeans bukan? Memang sangat nyaman menggunakan jeans saat santai dan dalam situasi apapun. Rasanya sangat tidak cocok dipandang mata. Akan lebih baik bila kaum adam menstelkan dengan celana kain yang memperlihatkan kesan modis.

Penulis akan merekomendasikan pakaian yang sesuai untuk kaum muda yang muslim dan muslimah. Terutama pada kaum muda yang sangat memerhatikan fashion stylenya. Karena kaum muda masa kini suka mengupload OOTD di Instagram agar menunjukkan stylenya pada followersnya. Penulis juga akan menjawab pertanyaan kaum muda. Bagaimana sih style yang cocok bagi tubuh yang gemuk? Bagaimana sih style yang cocok bagi tubuh yang pendek?

a. Untuk perempuan bertubuh gemuk

1) Gunakan luaran

Blazer, jaket denim, rompi panjang, atau coat adalah fashion item yang sesuai untuk wanita yang memiliki tubuh gemuk. Dengan menggunakan luaran akan mempermanis tampilan kaum muda sekaligus menutupi lekuk tubuh yang terlihat, sehingga terlihat elegan.

2) Maxi Dress

Berbagai macam jenis maxi dress yang bisa kaum muda pilih berupa gamis atau kaftan dan abaya. Jenis maxi dress bisa menjadi pakaian pilihan perempuan bertubuh gemuk agar terlihat trendy. Maxi dress sangat cocok dipakai saat acara resmi hanya tinggal sesuaikan jenis dan modelnya saja. Kamu juga bisa menambah pakaian luaran juga loh!

3) Warna hitam

Warna hitam adalah warna yang netral dan warna hitam adalah warna ideal untuk perempuan bertubuh gemuk. Tentunya warna hitam dapat member kesan tubuh tampak kecil. Kaum muda bisa menambahkan aksesoris atau warna lainnya yang dapat di padukan

4) Perhatikan motif pakaian

Untuk kaum muda yang bertubuh gemuk hindari motif horizontal karena motif ini akan membuat tubuk terlihat lebih lebar. Jika kaum muda suka memakai motif bergaris, pilihlah motif garis vertical. Garis vertical akan membuat kaum muda terkesan ramping.

b. Untuk perempuan bertubuh pendek

1) Gunakan monokrom

Gunakan pakaian satu warna misalnya baju dan rok atau celana masih mempunyai warna yang sesuai. Menggunakan satu warna dalam berpakaian akan memberi kesan tubub lebih memanjang dan member ilusi postur tubuh lebih tinggi.

2) Pakai motif vertical

Pakailah atasan dengan corak baju yang berbentuk garis vertical karena bisa menciptakan ilusi tubuh yang panjang. Sebalikanya motif garis horizontal bisa membuat tubuh kaum muda menjadi lebih lebar.

3) High Heels

Memang high heels adalah cara jitu agar tubuh tidak terkesan pendek. High heels akan membuat tubuhmu terlihat tinggi dari biasanya. Kaum muda bisa mengenakan high heels saat di acara resmi atau formal.
Pakaian muslim sudah menjadi ciri yang khas dari seorang muslim. Menutup aurat merupakan kewajiban kita sebagai muat muslim dan muslimah. Tentunya pakaian muslim akan menutup aurat dan menjaga pandangan orang lain saat melihat penampilan kaum muda. Penulis sudah menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian muslim dan pakaian yang cocok untuk wanita bertubuh gemuk dan pendek. Sebelum menyudahi, Ada beberapa hal yang ingin penulis katakana yaitu syarat dalam menggunakan pakaian muslim:

1. Menutup seluruh badan sesuai batasan aurat yang ditentukan
2. Bahan harus tebal dan tidak transparan
3. Longgar dan tidak ketat
4. Tidak menyerupai laki-laki

Nah, Bagaimana? Apakah kaum muda sudah menemukan fashion yang sesuai dengan tubuh kaum muda?

About the Author: khavidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *