Manfaat dan Buruknya internet untuk anak anak

Salam Info untuk kita semua 🙂
    Ypas, kita akan membahas tentang Beberapa manfaat dan Buruknya internet untuk anak usia dini berikut simak sama sama.
                 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini sudah sangat cepat menyebar di berbagai aspek kehidupan. Salah satu contoh dari teknologi komunikasi dan informasi adalah internet, hal ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Penyebarannya tidak mengenal jarak, waktu dan usia. Internet juga membawa pengaruh yang signifikan bagi semua kalangan. Oleh karena itu, tidak hanya orang dewasa saja yang sudah mengenal internet tapi anak-anak juga, bahkan mereka sudah bisa menggunakannya secara langsung.
Sebenarnya internet memberikan fungsi secara berlawanan, khususnya bagi anak-anak karena di satu sisi internet memberikan dampak positif namun di sisi lain terdapat dampak negatifnya.
Jika dilihat dari sisi positif,dunia internet sangat berarti bagi anak-anak karena dengan internet anak bisa mencari ilmu pengetahuan atau informasi apa saja dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa ada batasan jarak dan waktu. Selain itu manfaat lain dari internet adalah anak-anak bisa berlatih surat-menyurat dalam bentuk email, saling berbincang atau berkomunikasi dengan yang lainnya dan bisa menambah teman dari berbagai belahan dunia, juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan semangat belajar pada anak misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik agar minat belajar anak tersebut menjadi tergugah.
Disamping lain internet juga terdapat sisi negatifnya. Kebanyakan dari anak-anak memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang sangat besar terhadap apa yang baru mereka kenal atau temui. Bisa saja tanpa sengaja seorang anak membuka sebuah situs orang dewasa yang tidak layak mereka lihat. tentunya itu dapat berakibat buruk pada anak tersebut dan mungkin mempengaruhi perkembangannya. Selain itu dampak negatif lain adalah, anak bisa kecanduan internet atau game online yang akan membuat anak tersebut menjadi malas dan tidak mengenal waktu. Jadi seharusnya anak-anak diberikan pengawasan dari orang tua dalam menggunakan internet, sehingga anak dapat diarahkan ke-hal yang lebih positif dan dapat terhindar dari dampak negatif.
Menurut Moulding “Sangat penting bagi orang tua untuk memproteksi anak-anak mereka dari pengaruh buruk internet. Tapi juga bukan berarti mereka dilarang sama sekali untuk mengetahui dan menggunakannya. Yang paling penting bagi orang tua adalah mengetahui bagaimana memproteksi anak-anak mereka dari situs-situs yang belum pantas mereka konsumsi”. Oleh karena itu, agar terhindar dari pengaruh negatif, sebagai orang tua sebaiknya tidak boleh diam saja dalam mengawasi penggunaan internet oleh anak. Karena dengan adanya pengawasan dari orang tua, anak akan lebih terbimbing ke arah yang lebih positif. Lakukan kesepakatan dengan anak-anak tentang situs apa saja yang boleh dan tidak boleh dibuka. karena anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Maka dari itu, dalam hal ini orang tua sangat berpengaruh bagi perkembangan anak, sekarang dan dimasa yang akan datang.
Yaps itulah beberapa hal tentang hal positif dan negatif Internet untuk anak usia dini semoga bermanfaat untuk kita semua 🙂 

About the Author: khavidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *