Kunci sukses menjadi penulis untuk pemula

Kunci sukses menjadi penulis untuk pemula

Kunci sukses menjadi penulis untuk pemula- Menulis adalah tempat untuk menuangkan pikiran kita. Walau hanya tinggal tulisan di linimasa facebook, caption instagram, karya puisi atau cerita pendek, novel, bahkan sampai konten bertema di blog. Tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melakukan kegiatan menulis. Tapi kita belum mengetahui cara menjadi penulis yang baik. Beberapa dari kamu, mungkin ingin menjadi seorang penulis. Segala ide yang ada muncul tetapi tidak memulainya dari mana atau sudah memulainya, namun kurang percaya diri dengan tulisannya. Seperti judul artikel ini, saya akan memberikan beberapa kata untuk membuka pintu menjadi penulis pemula:

Kunci berhasil menjadi penulis untuk pemula

1. Membaca buku pengarang terkenal

Kunci pertama untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah membaca buku. Dengan membaca wawasan kita akan bertambah, ide-ide akan bermunculan. Membaca buku karangan dari penulis terkenal seperti Raditya Dika, Asma Nadia, Tere Liye, Andrea Hirata, Dewi Lestari. Untuk pemula, baca buku karangan dari penulis Indonesia dulu agar mudah memahami makna cerita dan bentuk tulisannya.

2. Berlatih menulis

Kunci kedua untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah berlatih menulis. Latihlah diri untuk menulis beberapa cerita pendek. Kalau dulu kita sering menulis pengalaman sehari-hari di buku harian. Sekarang zaman semakin canggih, kami bisa menggunakan curahan hati di media sosial. Semakin sering Anda melatih lebih terbiasa untuk mengutarakan pikiranmu dengan lancar.

3. Mencatat ide

Kunci untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah ringkasan ide. Gagasan muncul tidak terduga. Bisa kapan saja dan di mana saja. bahkan saat kamu makan, saat melamun, saat mandi bahkan saat kamu melakukan aktivitas lainnya. Catatlah ide yang muncul di fikiranmu. Kenapa harus di katatat? Diingat saja tidak bisa? Tergantung individu masing-masing. Jika saya tak bisa mengingat dalam waktu yang lama. Manusia tidak ada yang sempurna, lebih baik dari ide-ide lepas harus mengingatnya.

4. Menulis? Santai saja!

Kunci ketempat untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah santai dalam menulis. Jangan memaksakan diri untuk menulis. Tulislah apa saja yang ada dipikiranmu. Jika tak punya ide untuk dituangkan, tulis saja semampumu. Jangan melakukan aktivitas apapun. Cukup fokus di kertas atau layar laptopmu saja. ketika kamu sudah memulai beberapa paragraf, ide akan muncul dan mengalir begitu saja. tak perlu berharap tulisanmu sempurna. Intinya tetap fokus pada tulisanmu.

5. Rencanakan tulisan

Kunci kelima untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah merencanakan tulisan.  Sebelum memulai tulisan, biasanya saya menentukan tema dahulu, lalu menuliskan beberapa pokok paragraf tentang tema tulisan saya. Jika sudah menemukan paragraf pokok, akan memudahkan kita untuk melanjutkan tulisan. Jangan biasakan mengantung tulisan. Selesaikan apa yang sudah di kerjakan.

6. Merevisi

Kunci keenam untuk masuk ke dunia kepenulisan adalah merevisi. tak ada manusia yang jauh dari kesalahan. Begitu juga dalam menulis, tak penulis yang sempurna. Mereka pasti pernah melakukan kesalahan. Baik itu kesalahan pemilihan kata atau typo. Merevisi tulisanmu adalah hal yang penting dilakukan agar si pembaca merasa nyaman saat membaca tulisanmu. Kadang kita merasa malas untuk merevisinya, pintalah temanmu untuk membaca dan merevisi apakah ada yang salah dalam penulisan.

7. Jangan menyerah

Kunci ketujuh untuk dimasukkan ke dunia kepenulisan adalah jangan menyerah. Jika Anda sudah memiliki karya dan media yang digunakan di media cetak lain. Ternyata, tulisanmu tidak di terima. Jangan menyerah dan putus asa. Duniamu tidak berhenti di situ saja. berfikir positiflah. Hanya tulisanmu belum berhasil dimuat bukan berarti tulisanmu jelek. Anggap saja mereka belum layak gaya senimu. Selalu lakukan perbaikan.

Pada dasarnya menjadi penulis yang berani jika kamu yakin dan menekuninya maka akan membuahkan hasil. Jika tulisanmu ingin diminati oleh pembaca, pilihlah tata bahasa yang mudah dipahami khalayak umum. Kunci menjadi penulis ini adalah saran untuk Anda yang baru ingin masuk kedunia kepenulisan. Semoga apa yang saya tuangkan di dalam artikel ini dapat dilaksanakan dengan baik. Semangat menulis!

Tinggalkan komentar