Kiat-Kiat Hubungan LDR  (Long Distance Relationship)

Kiat-Kiat Hubungan LDR (Long Distance Relationship)

Kiat-Kiat Hubungan LDR (Long Distance Relationship)

Hai kaum muda…

Membahas tentang asmara tidak akan jauh dari ikatan antara kaum muda. Kehidupan kaum muda masa kini dipenuhi dengan cinta. Cinta dari Tuhan kepadanya, cinta dari orang tua kepadanya, cinta dari teman kepadanya hingga cinta seorang pasangan kepadanya. Dalam mengarungi lautan cinta, pasti akan menemukan problem atau masalah dari diri sendiri maupun pihak luar. Salah satunya adalah LDR (Long Distance Relationship) ada faktor mengapa seseorang memilih hubungan LDR ini. Biasanya, salah satu pasangan sedang menempuh pendidikan di luar kota/luar negeri, mutasi pekerjaan, sudah pernah bertemu tetapi terpisah jarak, belum pernah bertemu dan terpisah dengan pulau. Diantaranya, penulis pernah mengalami sendiri. Hehehe…

Banyak orang yang masih meragukan hubungan jarak jauh alias LDR. “Rumah sejengkal aja bisa selingkuh apalagi jarak jauh?” “Yang deket aja nyakitin, apalagi yang jauh?” Terkadang orang-orang hanya berasumsi negatif tentang hal ini. Bila ditelusuri di lapangan, ada yang berhasil menjalani hubungan LDR sampai jenjang pernikahan. Loh kok bisa? Bisa dong! Penulis akan berbagi sedikit kiat menjalani Long Distance Relationship.

Kiat-Kiat Hubungan LDR

(Long Distance Relationship)

1. Komunikasi

Kiat pertama dalam menjalani suatu hubungan baik LDR ataupun lainnya adalah komunikasi. Jika waktu masa orang tua dahulu, untuk mengirim pesan saja melalui surat yang akan sampai 3-4 hari kemudian. Pada masa kini, teknologi sudah semakin berkembang. Segala bentuk alat komunikasi mudah di beli dengan harga murah. Walaupun kalian terpisah jarak bahkan hingga waktu, berusahalah untuk saling memperkuat komunikasi dengan aplikasi yang telah disediakan. Apa saja? Skype, WhatsApp, Line, Telegram, Wechat, Kakaotalk dan berbagai aplikasi yang bisa kamu temui di Playstore khusus pengguna android. Usahakan meluangkan waktu setidaaknya saat weekend untuk mengobrol panjang dengan pasangan. Cara ini berguna untuk melepas rindu dan sharing tentang masalah yang dihadapi.

2. Saling Percaya

Sebelum menyiapkan diri untuk menjalani LDR, biasakan dirimu untuk percaya dengan pasanganmu. Yakinkan pada dirimu dan pasanganmu bahwa kalian akan saling percaya dan setia walaupun jarak memisahkan. Walaupun tidak secara langsung melihat aktiivitas pasangan, memberi kepercayaan penuh pada pasangan anda membuat ia nyaman melakukan aktivitas di luar sana. Jika kamu mencurigainya, dia akan terus memikirkanmu dan tidak fokus melakukan kegiatannya. Fatalnya, dia tidak merasa nyaman bila kamu mencurigainya dan memutuskanmu dengan alasan sudah tidak tahan dengan sikap posesifmu.

3. Planing

Perlu ada kesepakatan sebelum melakukan LDR. Planing atau rencana ke depan yang disetujui kedua belah pihak untuk menjaga komitmen kalian. Membiarkan diri anda atau pasangan anda mengira-ngira kemana arah hubungan kalian berdua. Buatlah planing beberapa bulan ke depan, kemana kalian harus melangkah. Tak perlu langsung melangkah ke jenjang pernikahan atau pertunangan. Anda bisa memulai dengan saling menemui orang tua masing-masing sebagai visi dan misi kedua pasangan. Bagi pasangan yang belum pernah bertemu, kalian mungkin bisa membuat planing untuk menentukan waktu yang tepat untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung. Ini sebagai bukti jika kamu bersungguh-sunggu kepada pasanganmu.

4. Saling Mengunjungi

Bila kamu memiliki waktu luang yang longgar atau libur panjang, rancanglah agenda untuk mengunjungi pasangan. Buatlah daftar aktivitas apa yang akan kalian lakukan. Menyusun daftar gunanya untuk menggunakan waktu agar tidak terbuang sia-sia. Bagi pasangan LDR, waktu lebih berharga dari uang. Pastikan aktivitas yang kalian lakukan meninggalkan kesan yang mendalam agar memperkuat ikatan hati kalian.

5. Komunikasi Berlebihan

Penulis sebelumnya sudah menjelaskan kiat utama hubungan LDR adalah komunikasi. Namun, komunikasi yang berlebihan justru menimbulkan efek negatif dalam pacaran jarak jauh. Terlalu sering menelfon, video call, chatting bisa membuat anda dan pasangan anda merasa bosan dan tak lagi memiliki privasi untuk diri sendiri. Keseringan berkomunikasi akan mengurangi kesan spesial. Adakalanya, seringnya berinteraksi akan menimbulkan pertengkaran. Berilah pasanganmu waktu luang untuk melakukan aktivitasnya sendiri atau melakukan hobinya. Berkomunikasilah secukupnya.

6. Memberi Kejutan

Jika pasangan anda menyukai kejutan, berilah kejutan di hari spesial kalian. Kejutan tidak perlu mahal-mahal, cukup dengan ucapan yang romantis, mengirim barang kesukaannya bahkan puisi yang bisa kamu kirim melalui aplikasih chatting. Kamu jago ngedit video? Mungin ini salah satu untuk membuat pasanganmu terkesan. Buatlah video dari foto-fotomu dengan pasanganmu yang kamu kumpulkan lalu masukkan musik yang pas untuk menambah kesan romantis

7. Bicara Harapan

Komunikasikan dengan jelas apa yang kamu harapkan dari pasanganmu serta berilah alasan yang layak bahwa hubungan jarak jauh ini pantas diperjuangkan. Jelaskan padanya bahwa kamu ingin serius menjalani hubungan. Bukan sekedar singgah untuk mencinta tetapi ingin menetap. Jelaskan harapanmu kepadanya sebagai seseorang yang mampu mendukungmu disaat ada masalah, pendengar yang baik saat kamu berkeluh kesah, menjadi teman yang mampu memberi saran. Berusahalah untuk saling mengingatkan satu sama lain agar menjadi sosok yang diharapkan antar kalian nerdua

8. Terbuka dan Jujur

Dalam hubungan jarak jauh harus mengutamakan keterbukaan dan kejujuran. jangan mencoba menutupi masalah yang terjadi atau kebohongan yang disembunyikan. Bicara secara terbuka dan jujur dengan masalah serta hal yang menganggumu atau pasanganmu dalam relationship kalian berdua. Jika ada masalah, bicarakan dengan pasanganmu. Menyelesaikan dengan kepala dingin lalu pelan-pelan menemukan solusi terbaik bagi hubungan anda. Kebohongan adalah perusak setiap hubungan, baik itu hubungan dengan pasanganmu atau hubungan dengan orang-orang disekitarmu. Sekali kita menipu seumur hidup orang tidak akan percaya.

9. Jangan Dipikirin

Rindu yang menumpuk membuat dirinya masuk ke pikiranmu dan tak bisa keluar. Kamu memikirkannya setiap saat. Wajar, karena belum bertemu. Memikirkan wajahnya saja sudah menghilangkan dahaga kerinduan. Sebaiknya jangan memikirkan pasanganmu yang jauh di sana secara terus menerus. Jalanilah aktivitasmu dengan baik atau mencari aktivitas tambahan yang menyita waktumu hingga tak begitu lagi memikirkannya.

10. Saling Memberikan Kenyamanan

Sebagai pasangan, kita menginginkan pasangan merasa nyaman saat sedang bersama. Memahami karalter pasanganmu merupakan salah satunya. Kamu harus mengetahui bagaimana karakter pasanganmu. Jika dia emosional, kamu harus memikirkan apa yang akan kamu lakukan agar meredam rasa emosinya. Bagi kaum wanita, saat sedang datang masa PMS pasti mood yang dialami naik turun. Bila pasanganmu sedang PMS, kamu harus bisa mengatasinya sendiri.

Long Distance Relationship adalah suatu ujian dalam hubungan. Jika kita diberi ujian, maka harus menjalaninya dengan ikhlas. Sesuatu yang ikhlas akan mendapatkan hasil yang manis. Maksudnya adalah, kamu bersabar dengan jarak yang begitu jauh memisahkan kalian. Kamu bersabar menumpuk rindu hingga tiba waktunya untuk di luapkan. Dalam menjalani hubungan jarak jauh cenderung banyak godaan. Bila tergoda, hubungan yang kamu bangun akan sia-sia. Tetapi sebaliknya, kamu akan mendapat hubungan yang lebih istimewa. Intinya, berdoalah kepada Tuhan untuk menunjukkan siapa yang terbaik untukmu. “Bila dia jodohku, dekatkanlah. Namun, jika aku keliru maka tunjukkan kekeliruanku.”

Tinggalkan komentar