Langkah2 Cara Menanam Tomat Dan Cara Singkat Merawat Tanaman Tomat

Ada 2 langkah cara dalam budidaya tanaman tomat agar berbuah lebat yakni memperhatikan teknik cara menanam tomat dengan baik, dan cara merawat pohon tomat dengan benar.

Di kesempatan ini saya akan membahas kedua langkah tersebut dan akan mencoba menjelaskan lebih dalam lagi tentang cara menanam dan merawat tanaman tomat mulai usia dini hingga panen.

1. Cara menanam tomat dengan benar.

cara menanam tomat
                      cara menanam tomat

Sebelum proses menanam di mulai anda harus perhatikan beberapa langkah seperti;

  • Memilih jenis bibit tanaman tomat yang unggul

Bibit yang berkualitas tinggi menjadi salah satu faktor terpenting dalam berbudidaya tanaman, oleh karena itu saya sangat menganjurkan agar anda yang sedang ingin bercocok tanam tanaman tomat agar memilih jenis bibit tomat yang unggul yang berkualitas tinggi agar nantinya pohon tomat bisa memproduksi buah yang lebat dan jangan lupa untuk memilih jenis bibit tomat yang berpolybag agar cepat hidup dn tumbuh dengan cepat setelah proses penanaman di lakukan.

  • Persiapan lahan bercocok tanam

Siapkan lahan sawah atau kebun untuk tempat budidaya tanaman tomat. 

Buat cangkulan jenis bedengan dan jangan lupa untuk anda yang sedang ingin berbudidaya tanaman tomat di musim hujan agar membuat selokan di pinggir dan di tengah lahan untuk aliran air agar lahan tuntas dan tidak terendam oleh air.

  • Pemlastikan bendengan

Setelah cangkulan bedengan sudah selesai di buat langkah selanjutnya yaitu pemlastikan tapi saya anjurkan sebelum proses pemlastikan di lakukan, berilah dahulu pupuk kandang di tengah-tengah bedengan dengan cara yakni kita belah tengah bedengan dan kita taburkan pupuk kandang tersebut di daerah belhan dan kemudian kita tutup kembali ke bentuk bedengan semula.

Setelah itu baru kita lakukan pemlastikan, ketika membeli plastik penutup bedengan tersebut agar sekalian menyuruh untuk membuat lubang sekalian untuk tempat penanaman agar jarak antara pohon tomat satu ke lainnya tidak terlalu renggang maulun tidak terlalu rapat.

Adapun tujuan dari pemlastikan bedengan bukan lain agar daerah di kawasan batang pohon tomat tidak tumbuh rumpu-rumput liar yang akan menganggu pertumbuhan tanaman tomat sehingga hal itu memudahkan kita dalam segi perawatan.

2. Cara merawat tanaman tomat dengan benar

Untuk cara merawat tanaman tomat ada beberala tahap yang harus di lakukan yakni;

  • Pemberian lenjeran pada pohon tomat

Ketika usia tanaman mulai tumbuh keatas mulailah memberikan lenjeran di setiap batang pohon tomat agar pohon tomat tidak roboh ketika terkena angin ketika pohon tomat sidah besar. 

  • Aliran air

Perhatikan aliran air, jangan sampai lahan terendam oleh air ketika usia tanaman tomat masih dini hal ini akan mengakibatkan kematian pada tanaman tomat kalau terus menerus terendam air. 

  • Pemupukan pada tanaman tomat

Ketika umur tanaman tomat masih dini berilah pupuk kocoran agar tanaman tomat tumbuh dengan sehat dan subur, pemberian pupum kocoran akan mempercepat pertumbuhan pohon tomat agar cepat besar.

Ketika usia pohon tomat sudah mulai besar beri pupuk tambahan seperti pupuk penyubur daun dan pupuk percepat pemproduksian.

Beri kembali pupuk ketika usia tomat mulai berbuah, seperti pemberian pupuk pelebat buah dan pupuk penghijau daun.

  • Penyemprotan tanaman tomat

Mulai melakukan Penyemprotan ketika tanaman tomat sudah mulai besar agar tanaman tomat terhindar dari hama-hama yang akan menyerangnya.

Penyemprotan bisa di lakukan 2 kali setiap minggunya. 

Demikian artikel kali ini tentang 2 langkah cara budidaya tanaman tomat dengan benar, seperti cara menanam tomat yang baik dan tips cara merawat tomat semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

About the Author: khavidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *