2. Cara Menanam Cabe Rawit Dan Tips Merawat Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Cabe Rawit- Sahabat muda nuhudhy.com dalam proses menanam dan merawat tanaman cabe rawit agar berbuah lebat di perlukan langkah-langkah proses menanam dan merawat tanaman cabe rawit yang baik dan benar.

Maka dari itu saya kali ini akan membahas tentang tips cara menanam dan merawat tanaman cabe rawit yang benar dari berbagai macam jenis tanaman cabe rawit di indonesia mulai dari jenis tanaman cabe rawit putih sret atau rawit setan, cabe rawit jawa, cabe rawit jablak dan masih banyak lagi jenis-jenis lainnya supaya tanaman cabe kita bisa menghasilkan buah yang lebat dan mendapatkan hasil panen yang melimpah

2. Cara Menanam Cabe Rawit Dan Tips Merawat Yang Baik Dan Benar

cara menanam cabe rawit

1. Cara menanam cabe rawit

Ada 2 langkah yang harus di perhatikan sebelum proses penanaman di mulai, diantaranya: 

a. Pemilihan bibit tanaman cabe

Pilihlah jenis bibit tanaman cabe yang memiliki jenis bibit yang berkualitas unggul, sehat dan subur.

Karena hal ini sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan tanaman cabe nantinya, bibit yang unggul akan cepat tumbuh subur dengan sehat dan akan mampu memproduksi buah yang lebat.

b. Metode cangkulan lahan tanaman cabe

Cangkulan juga salah satu faktor yang sangat penting berpengaruh dalam pertumbuhan bibit  tanaman.


Untuk metode cangkulan yang sering di gunakan untuk lahan tanaman cabe yakni model cangkulan berbentuk bedengan.


Ada dua jenis cangkulan bedengan untuk lahan penanaman tanaman cabe yakni:

 1. Cangkulan bedengan di musim hujan

Di kala kita ingin menanam cabe di musim hujan, buatlah cangkulan bedengan yang agak besar dan tinggi hal ini di lakukan untuk antisipasi air hujan yang menguyur tanaman cabe setiap hari agar tanaman tetap sehat dan selalu tuntas tidak terendam oleh air hujan.

 2. Cangkulan bedengan di musim kemarau


Untuk cangkulan bedengan di musim kemarau buatlah bedengan yang tidak terlalu tinggi yang bertujuan agar ketika kita melakukan penyiraman lahan tanaman, air tersebut cepat meresap ke dalam tanah bedengan tersebut, karena proses ini pasti kita lakukan ketika usia tanaman cabe masih dini untuk mempercepat pertumbuhannya.

2. Cara merawat cabe rawit

Untuk proses merawat cabe rawit yang benar yakni harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Pemupukan cabe rawit

Semua tanaman pasti membutuhkan pupuk untuk meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan tanaman, seperti halnya tanaman cabe rawit juga membutuhkan pupuk untuk mempercepat pertumbuhan sehingga tanaman cabe cepat berbuah.

Ada beberapa metode dalam tata cara pemberian pupuk tanaman cabe rawit yakni,

1. Pemberian pupuk terhadap tanah cangkulan lahan tanaman cabe

Biasanya pemberian pupuk terhadap tanah lahan cangkulan tanaman cabe sebelum proses pemlastikan di mulai yakni dengan cara membelah tengah cangkulan bedengan kemudian di berikan pupuk area belahan tengah tersebut kemudian kita tutup kembali belahan tengah tersebut ke bentuk bedengan seperti semula, untuk langkah ini jenis pupuk yang di pakai biasanya jenis pupuk kandang.

Setelah proses pemupukan bedengan selesai, langkah selanjutnya yaitu pemlastikan dan berilah pupuk tambahan di lubang-lubang yang telah kita buat untuk tempat penanaman bibit tanaman cabe sebelum proses penanaman di mulai, yang bertujuan agar bibit tanaman cabe tersebut cepat tumbuh besar.

 2. Pemberian pupuk ketika usia tanaman cabe masih dini

Ketika usia tanaman cabe masih dini, sekitar usia setengah atau sebulanan berilahlah pupuk penyubur tanaman cabe agar tanaman tumbuh dengan subur dan sehat sehingga tanaman cepat tumbuh besar dengan batang pohon yang kuat dan besar dengan daun cabe yang hijau lebat.

 3. Pemberian pupuk ketika pohon cabe mulai berbuah

Berikan kembali pupuk penyubur ketika tanaman cabe mulai berbuah agar pohon cabe tersebut mampu memproduksi buah yang lebat, dan pohon cabe tetap tumbuh dengan sehat dan awet dalam masa pembuahan.

b. Pemangkasan ranting tanaman cabe rawit

Ketika ranting pohon cabe mulai bercabang, pangkaslah ranting-ranting pohon yang sudah layu atau yang kita anggap kita tidak perlu tumbuh.

Pemangkasan tersendiri bertujuan agar pohon cabe tumbuh ke atas tidak ke samping sehingga batang pohon cabe bisa besar, kuat dan tumbuh tinggi.

c. Penyemprotan tanaman cabe rawit

Dan yang terakhir yakni penyemprotan terhadap tanaman cabe

ketika mulai datang hama yang menyerang tanaman cabe lakukanlah penyemprotan segera mungkin agar tanaman cabe aman dari hama-hama yang ingin menyerangnya supaya tanaman tetap tumbuh dengan sehat dan subur.

Demikian artikel kali ini tentang tips cara menanam dan merawat tanaman cabe rawit yang benar, semoga bermanfaat bila ada kesalahan dalam penulisan atau penyampainya kami minta maaf.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar