Budidaya Sengon: Rangkuman Cara Menanam Dan Merawat Pohon Sengon Untuk Pemula

Budidaya Sengon- Sahabat nuhudhy terasa rugi apabila kita mempunyai kebun hanya di anggurkan tidak kita tanami pepohonan yang bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Tanaman pohon yang cepat menghasilkan dan cepat tumbuh dengan besar yaitu salah satunya pohon sengon, pohon tersebut di usia sekitar 6-7 tahun sudah bisa kita tebang yang tentunya sudah menghasilkan dengan hasil yang lumayan, dengan biaya yang sangat ringan dalam perawatannya.

Di artikel kali ini saya akan menulis tentang panduan menanam pohon sengon untuk pemula mulai dari proses penanaman hingga proses perawatannya.

Budidaya Sengon: Rangkuman Cara Menanam Dan Merawat Pohon Sengon Untuk Pemula

budidaya sengon
cara menanam pohon sengon, cara merawat pohon sengon, budidaya sengon

1. Bibit SENGON yang Unggul berkualitas

Ada beberapa macam jenis bibit pohon sengon mulai dari jenis sengon solomon, sengon laut dan lainnya.

Hal yang utama dalam penanam pohon sengon yaitu pemilihan bibit sengon yang unggul berkualitas agar pohon sengon nantinya bisa tumbuh dengan subur dan cepat besar.

Pilihlah jenis bibit sengon yang berpolybag yang bertujuan agar pohon sengon nantinya langsung hidup tumbuh dengan sehat.

2. Tanah lahan pohon SENGON

Gali lubang kurang lebihnya se ukuran tinngi polybag bibit sengon tersebut untuk tempat bibit sengon dengan jarak 1×1 m dari lubang satu ke lainnya.

3. Proses PENANAMAN

Setelah bibit dan lahan sudah siap proses selanjutnya yaitu penanaman.

Sebelum proses penanaman di mulai berilah pupuk kadang di area lubang tersebut untuk pupuk dasaran tanaman kemudian tutup kembali dengan tanah yang lembut tapi usahakan jangan ketebalan hal ini hanya untuk penutupan agar bibit dalam polybag tidak lansung campur dengan pupuk kandang tersebut.

Masukan bibit sengon ke dalam lubang tersebut yang tadi sudah di beri pupuk dasaran kemudian tutup kembali dan rapatkan lubang tersebut sehingga lubang tersebut jadinya hanya kelihatan batang bibit sengonnya saja.

Baca juga tentang:

4. Perawatan pohon SENGON

Dalam perawatan pohon sengon berilah pupuk kembali ketika usia pohon sengon mulai tumbuh agar pohon sengon tumbuh dengan subur dan cepat tinggi.

Pemupukan di lakukan 3 x setiap tahunnya, bisa mengunakn pupuk kandang dan pupuk tambahan lainnya sesuai kebutuhan tanaman pohon sengon, kurangi ranting pohon agar pohon sengon tumbuh ke atas dan cepat besar.

Bersihkan setiap ada rumput liar yang tumbuh di area pohon tersebut, usahakan bawah pohon selalu bersih dari rumput-rumput liar, rawat dengan sabar dan telaten insyaallah 6-7 tahun kemudian pohon sengon sudah bisa kita panen atau kita tebang.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat kurang lebihnya saya minta maaf .

Sekian Dan Terima Kasih.

2 pemikiran pada “Budidaya Sengon: Rangkuman Cara Menanam Dan Merawat Pohon Sengon Untuk Pemula”

Tinggalkan komentar