apa itu cinta

Apa itu cinta? Ini pengertiannya versi nuhudhy

About Of Love

Setiap orang memiliki pandangan berbeda-beda tentang cinta. Memaknai cinta dengan perspektif yang beraneka ragam tergantung pada pengalaman yang dialami. Mungkin kaum muda memiliki pandangan lain tentang cinta? Perasaan cinta pada umumnya telah dianugerahkan Tuhan kepada semua hamba-Nya agar mereka mempunyai rasa saling mengerti, saling menyayangi, saling memiliki, saling memenuhi dan saling mencintai. Memaknai cinta itu banyak caranya, yang penting bagaimana kamu menempatkan rasa cinta itu.

Perasaan cinta biasanya sering diungkapkan pada sang pencipta, keluarga, sahabat, lawan jenis, teman, hewan kesayangan dan objek apapun. Ada beberapa orang yang mampu mengungkapkan rasa cintanya melalui ucapan dan sikap yang ditujukan pada orang yang dicintainya. Misalnya seorang anak lelaki sangat mencintai Ibunya. Dia tak malu mengatakan “I Love You” kepada Ibunya. Ada pula yang tidak bisa mengutarakan perasaan sayang dan cintanya dengan ucapan, melainkan dengan tingkah laku atau sebuah hadiah. Misalnya“Ibu, tadi nemenin teman belanja, ketemu baju bagus. Kayaknya cocok buat Ibu.” Beragam cara mengungkapkan cinta memang bervariasi, kita bisa mengunakan untuk mengungkapkan rasa cinta pada seseorang.

Apa itu cinta?

Ini pengertiannya versi nuhudhy

Beragam cara mengungkapkan cinta, beragam pula pengalaman setiap individu menjalani cinta. Salah satunya cinta kaum muda yang biasa disebut dengan “Pacaran”. Kaum muda yang memiliki kekasih, akan merasakan rasanya dimengerti, disayangi dan di cinta. rasa kebahagian akan muncul setelah terpenuhi semuanya. Tetapi ada sebagian orang menceritakan kehidupan cintanya penuh kesedihan. Perjalanan cinta yang dijalaninya mungkin saja tidak saling menghargai dan mengerti satu sama lain. Cinta mampu menghadirkan kebahagian di hati orang-orang yang menempatkan cinta dengan tepat. Kehidupan akan lebih bahagia jika memiliki cinta yang sempurna. Dalam suatu keluarga, bila tidak dibangun dengan cinta maka tidak ada keharmonisan. Begitu juga dengan hubungan berpacaran akan membuat jalinan cinta tidak langgeng.

“Hidup tanpa cinta laksana sebatang pohon tanpa bunga dan buah. Cinta tanpa keindahan laksana bunga tanpa keharuman dan laksana buah tanpa biji. Hidup, cinta, indahan adalah tiga perkara dalam satu inti, yang berdiri sendiri, mutlak dan tidak bisa dipindahkan atau diubah” – Khalil Gibran
Cinta dan sayang berjalan beriringan dan saling melengkapi. Setelah merasakan cinta, maka akan timbul rasa sayang dan tak mau kehilangan. Awal mula suatu hubungan dimulai dari ketertarikan pada objek yang menarik hati. Perasaan ini akan muncul ketika kaum muda tidak sengaja melihat sesuatu atau menemukan sesuatu. Rasa tertarik itu menjadi dasar dari rasa kagum hingga mencari tahu atau mendekati hingga muncul rasa kagum bahkan suka, sayang dan cinta. ketika sudah memiliki rasa tertarik dan kagum pada seseorang, lambat laun perasaan suka akan muncul dengan sendirinya. Mungkin awalnya kagum dengan sikapnya yang sesuai kriteriamu. Hingga menuntun rasa kagummu menjadi rasa suka.

Setelah menyukai dengan seseorang yang dikagumi, Rasa suka yang semakin menumpuk menghasilkan rasa yang lebih dahsyat yaitu rasa sayang. Rasa ingin memiliki dan ingin menghabiskan waktu berdua. Letak kenyamanan yang didapat dari pasangan akan menambah rasa sayang. Rasa itu akan muncul ketika kenyamanan yang diberikan pasanganmu sangat besar. Bagaimana memunculkan rasa nyaman? Sering bertemu, terbuka satu sama lain, dan saling memahami.

Kaum muda mungkin tidak asing dengan istilah cinta monyet, bukan? Cinta yang dialami sepasang anak muda yang masih dalam masa remaja. Masa remaja dipenuhi dengan cinta. Umumnya yaitu cinta dengan lawan jenis. Sebenarnya wajar bagi remaja mengalami hal itu, karena mengenal lawan jenis mejadi tahap awal memasuki masa remaja. Mereka hanya sekedar cinta dan tak ada keseriusan dalam berhubungan. Tidak ada komitmen menjalini cinta yang utuh. Cinta yang dijalani asal senang, asal mau sama mau dan tidak merugikan orang lain.

Cinta yang mengandalkan hawa nafsu dan tanpa memikirkan akibatnya. Bisa dikatakan hanya coba-coba dan penasaran tentang cinta. Kaum muda punya versi sendiri tentang cinta monyet? Atau kaum muda pernah mengalaminya?
Tak masalah jika anak remaja menjalani cinta. karena hak bagi setiap siapa saja untuk mengungkapkan cinta dan tak ada yang melarang. Bila kaum muda memiliki adik yang sedang merasajab kasamaran, jangan dilarang cukup berikan beberapa nasihat padanya. Beri tahu aturan-aturan yang harus di tepati. Misalnya “Tidak masalah kamu suka dengan dia. Asal, tau jaga diri dan jangan mau di ajak jalan sendiri.” Tunjukkan pada adikmu bahwa kamu siap menjadi orang yang terpercaya.

Pada dasarnya, tak ada yang bisa memaknai cinta kecuali diri sendiri. Walaupun bertanya pada orang lain tentang cinta itu sendiri, akan ada penolakan dalam diri untuk menerimanya. Artikan cinta menurut pengalaman diri. Bila hanya merasakan penderitaan cinta, maka mengartikan cinta itu adalah luka. Bila hanya merasakan kebahagian, maka mengartikan cinta itu adalah tawa. Bila merasakan keduanya, maka memaknainya yaitu “Cinta adalah hidup. Hidup tak selamanya akan senang dan susah. Tergantung bagaimana kita ingin hidup di mana dan seperti apa.”
Hidup dengan cinta akan membuatmu lebih bahagia. Dikelilingi dengan orang-orang yang tersayang akan menjauhkanmu dari rasa kesendirian yang mengakibatkan depresi. Saat merasa dunia ini penuh masalah dan kesulitan, orang-orang tersayang akan memelukmu dan memberikan sandaran. Bayangkan jika tak ada cinta di hidup, hanya ada kesendirian dan penderitaan.

Penulis akan memberikan ungkapan cinta dari para pemikir dunia
Cinta tidak mungkin ditemukan melalui pendidikan dan ilmu pengetahuan, buku-buku dan tulisan-tulisan.

Apapun yang dikatakan orang tentang cinta bukanlah jala para pecinta – Jalaluddin Rumi
Apapun yang kau dengar dan katakan tentang cinta itu semua hanyalah kulit. Sebab inti dari cinta adalah sebuah rahasia yang tak terungkapkan – Jalaluddin Rumi
Jiwaku menasehatiku dan mengungkapkan kepadaku bahwa cinta tidak hanya menghargai orang yang mencintai, tetapi juga orang yang dicintai – Kahlil Gibran
Cinta bukanlah kelemahlembutan atau kemurahan hati, atau apa saja dari kebaikan-kebaikan yang diberikan atau tidak diberikan dengan panjang lebar. Cinta adalah membagi, memahami, memberikan kebebasan menjawab panggilan dan cinta adalah kehidupan – Khalil Gibran

Cinta itu tentang perasaan, bukan pembicaraan- Nuhudhy

About the Author: khavidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *