10 Resep Awet Muda Untuk Muslim Dan Muslimah

Assalamualaikum Kaum Muda…
Kali ini penulis akan membahas tentang resep kecantikan. Salah satu topic yang akan penulis deskripsikan yaitu tentang awet muda. Terlihat awet muda secara alami adalah impian setiap individu. Termasuk kamu kan kaum muda?

Penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari. Namun, ada kebiasaan tertentu yang dapat membuat kaum muda menjadi awet muda. Umur yang panjang dan awet muda tentu memiliki proses jangka waktu yang panjang. Ada sebagian individu yang rela mengeluarkan budget lumayan besar hanya untuk melakukan perawatan kecantikan (terutama kaum hawa).

Rela menghabiskan waktu hanya untuk berlama-lamaan di SPA, Salon ataupun ke dokter kecantikan. Pastinya akan membutuhkan dana yang menguras dompet bukan? Selagi masih ada cara sederhana yang alami, kenapa harus mengeluarkan budget yang mahal? Apalagi dalam agama islam, muslim atau muslimah yang menghambur-hamburkan uang adalah perbuatan yang tercela. Daripada uangnya untuk kegiatan sia-sia, lebih baik di sedekahkan kepada fakir miskin, anak yatim dan untuk kegitan yang bermanfaat.

Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Tentunya bagi setiap muslim akan mendapatkan pedoman hidup yang benar jika benar-benar meyakininya. Begitu juga, agama islam akan membawa kebahagian dunia akhirat bagi umatnya. Dalam islam juga mengajarkan cara jitu agar memiliki penampilan awet muda. Bagaimana caranya? Baiklah mari di simak

1. Tersenyum

Kaum muda pasti tahu sedekah yang paling mudah adalah dengan senyuman. Menebarkan senyuman adalah salah satu cara membagi kebahagian kepada orang lain. saat orang lain sedang bersedih, dengan memberikan senyum pasti dia akan ikut bahagia. Dengan senyum kamu akan merasa hidupmu bahagia dan tidak dipenuhi beban penderintaan yang mengakibatkan stress dan membuatmu banyak berfikir.

Hal tersebut akan membuatmu kehilangan pesona muda. Tentunya tersenyum akan memberikan manfaat kepada kita yaitu mendapat pahala, meringankan beban pikiran, mengamalkan akhlak mulia dan tentunya sedekah dong. Seperti dalam sebuah sabda Rasulullah:

“Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi)

2. Terapkan taat ibadah dan 3S (Sabar, Selalu senang, syukur)

Taat dalam beribadah merupakan cerminan seorang muslim yang baik. Menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Taat ibadah dengan sabar, senang dan syukur tidak dapat di pisahkkan dari diri umat islam.

Umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah dan bersyukur dalam keadaan apapun. Prinsip ini sebaiknya dipegang oleh seluruh umat islam agar hati mereka tenang dan pikiran menjadi fresh. Pikiran yang stress akan membuat sel-sel lebih cepat mati dan pastinya kaum muda akan terlihat tua. Kaum muda juga bisa menyertainya dengan doa Nabi Yusuf yaitu:

“Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa) nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata:

“Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah Malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31)

3. Pola makan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan cara untuk membuat kaum muda terlihat awet muda secara alami. Tidak hanya itu, melakukan aktivitas fisik hingga perawatan tubuh dengan berolahraga teratur akan juga cara jitu agar kaum muda terlihat awet muda dan sekaligus menyehatkan badan.

Menerapkan pola makan yang sehat untuk tetap awet muda bukan berarti harus menjalani makan-makanan yang ketat dan rumit. Cukup mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Bisa juga kaum muda tambahkan biji-bijian juga loh! Kaum muda harus menghindari makan-makanan berlemak yang mengandung banyak kolesterol dan garam serta makanan berkalori rendah. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat, kalsium, zat besi, magnesium atau vitamin.

Di artikel sebelumnya penulis sudah memaparkan pola makan Rasulullah, kaum muda bisa mencoba mempraktekkannya untuk awet muda juga.

4. Puasa Sunnah

Kaum muda pasti sudah tahu manfaat puasa bukan? Nah, kaum muda bisa menerapkan poin ini dalam menjalani proses membuat penampilan kaum muda terlihat awet muda. Puasa sunnah bermanfaat untuk menyehatkan tubuh sekaligus cara yang baik untuk merawat tubuh dan kecantikkan.

5. Berwudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam untuk melakukan ibadah sholat menghadap Allah SWT. Tujuan dari wudhu adalah untuk membersihkan tubuh dari segala kotoran dan najis yang tertempel di tubuh kaum muda.

Wudhu memiliki manfaat yang tak pernah kaum muda duga untuk kecantikkan kulit kaum muda. Ada sebuah penelitian yang membuktikan manfaat wudhu. Seorang peneliti asal Austria yaitu Leopold Werner von Ehrenfels. Dalam penelitiannya beliau mengatakan bahwa ada sesuatu yang menakjubkan dari wudhu.

Pusat-pusat syaraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki sangat sensitive dengan air segar. Sehingga bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf dan berdapak pada kesehatan kulit yang tersentuh air wudhu.

6. Berpikir positif

Setiap muslim yang saling bertemu akan mengucapkan salam satu sama lain. Tentunya dalam mengucapkan salam pasti akan memasang wajah yang berseri-seri bukan? Usahakan untuk tidak memiliki pikiran negative dengan siapapun.

Sebab menaruh pikiran negative akan membuat kaum muda terlihat su’udzon pada seseorang. Su’udzon merupakan perbiatan tercela. Perbuatan tercala akan merusak hati. Hati seorang muslim yang rusak karena sifat tercela akan tidak sehat bukan?

Berpikirlah positif kepada siapapun agar kaum muda terhindar dari sifat tercela yang membuatmu semakin terlihat tua.

7. Menghilangkan iri dan dengki

Iri dan dengki adalah salah satu jenis sifat tercela. Seperti yang sudah penulis jelaskan dalam poin sebelumnya bahwa sifat tercela akan merusak hati setiap muslim. Memiliki sifat tercela akan memudahkan setan untuk mempengaruhimu.

Saat ada temanmu yang lebih cantik darimu, kamu langsung membencinya dan menyimpan rasa tidak suka terhadap temanmu tersebut. Sungguh sebenarnya setan sudah menguasai hatimu. Bila kamu menyimpan rasa iri dan dengki di dalam hati maka wajahmu akan terlihat kusam, masam, cemberut dan sinis. Tentunya akan membuat kaum muda terlihat tua karena tidak pernah tersenyum.

8. Sholat Tahajud

Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa saja yang banyak menunaikan sholat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan dan cantik di siang hari.” (HR. Ibnu Majah)
Berkata Ibnu Qayyim

“Sesungguhnya sholat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Ada sebagian wanita yang memperbanyak sholat malam.”

9. Gerakkan Sujud

Sujud merupakan bagian gerakkan sholat. Ternyata sujud tidak hanya sebagai bagian gerakkan dalam sholat loh kaum muda. Melainkan memiliki manfaat dari segi kesehatan tubuh. Seperti yang dikatakan oleh Dr Fidel

ma O’Leary Phd Neuroscience dari St Edward’s University. Beliau mengungkapkan bahwa dengan bersujud maka otak manusia akan dimasuki oleh darah dan urat pada otak ini hanya bisa dimasuki darah hanya bisa dimasuki ketika bersujud. Masya Allah.

10. Tahan amarah

Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang menahan kemarahannya walau sebenarnya dia dapat melampiaskannya, Allah SWT akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat dihadapan seluruh manusia lalu Allah SWT biarkan memilih bidadari bermata cermat yang disenanginya.” (HR. Abu Dawud)

Memang menjadi cantik menjadi impian siapa saja. Banyak dari mereka yang menghalalkan segala cara agar terlihat cantik. Tak sungkan mereka melakukan operasi plastic atau menambahkan bahan kimia ke dalam tubuh mereka hanya demi sebuah kata cantik.

Cantik secara alami dan pancaran iner beauty akan membuatmu disenangi banyak orang daripada cantik yang hanya sesaat. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baiknya perbendaharaan seorang lelaki. Yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkan, bila diperintah akan mentaati, dan bila pergi istri akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud)

Nah bagaimana kaum muda? Apakah kaum muda siap menjalankan sepuluh pon yang sudah penulis paparkan? Semoga apa yang penulis berikan dapat bermanfaat nagi setiap kaum muda yang membaca artikel ini. Terima kasih

Tinggalkan komentar